Headline

Recent Posts

(SUSANTO SANTAWI) NIM : 20082299 SEMESTER VII (EKSEKUTIF) SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) AL-KHAIRIYAH CILEGON

Minggu, 28 Maret 2010

SUSANTO SANTAWI

susanto santawi bahasa arab


جَمْعِيَّاتُ البِرِّ
فِى كَثِيْرٍ مِنَ الْبِلاَدِ تَتَأَلَّفُ جَمْعِيَّاتٌ مِنْ أَهْلِ الْخَيْرِ. لِتَنْظِيْمِ أَعْمَالِ الْبِرِّّ. فَيَجْمَعُوْنَ الْمَالَ مِنَ الْقَادِرِيْنَ لِبِنَاءِ مَدَارِسَ, أَوْ مُسْتَشْفِيَاتٍ, أَوْ مَلاَجِئَ أَوْ إِقَامَةِ جُسُوْرٍ وَقَنَاطِرَ, أَوْ تَعْبِيْدِ طُرُقٍ, أَوْ غَيْرِ ذَلِكَ مِنَ الْمَرَافِقِ الَّتِى يَعُوْدُ نَفْعُهَا عَلَى النَّاسِ جَمِيْعًا.
اَلْجَمْعِيَّةُ الْخَيْرِيَّةُ اْلإِسْلاَمِيَّةُ مِنْ جَمْعِيَّاتِ الْبِرِّّ الْمُفِيْدَةِ, أَنْشَأَتْ بِأَمْوَالِ الْمُحْسِنِيْنَ كَثِيْرًا مِنَ الْمَدَارِسِ. وَعَلَّمَتْ كَثِيْرًا مِنَ الْفُقَرَاءِ, وَأَنْشَأَتْ مُسْتَشْفَى مِنْ أَكْبَرِ الْمُسْتَشْفِيَاتِ فِى الْقَاهِرَةِ.
جَمْعِيَّةُ الْمُوَاسَاةِ اْلإِسْلاَمِيَّةُ بِاْلإِسْكَنْدَرِيَّةِ أَنْشَأَتْ بِأَمْوَالِ الْمُحْسِنِيْنَ مُسْتَشْفَى مِنْ أَعْظَمِ الْمُسْتَشْفِيَاتِ فِى اْلإِسْكَنْدَرَيَّةِ.
جَمْعِيَّةُ اْلإِسْعَافِ لَهَا دَارٌ كَبِيْرٌ فِى الْقَاهِرَةِ. وَفُرُوْعٌ كَثِيْرَةٌ مُنْتَشَرَةٌ فِى كُلِّّ بِلاَدِ الْجُمْهُوْرِيَّةِ الْعَرَبِيَّةِ, وَلَهَا مُسْتَشْفَى, وَسَيَّارَاتٌ لِنَقْلِ الْمَرْضَى وَالْمُصَابِيْنَ فِى الْحَوَادِثِ. وَبِهَا أَطِبَّاءٌ يُسْرَعُوْنَ إِلىَ النَّجْدَةِ فِى أَوْقَاتِ الشِّدَّةِ, وَيُسْعَفُوْنَ فِى كُلِّ عَامٍ عَشَرَاتُ اْلآلاَفِ مِنَ الْمُحَرِّقِيْنَ وَالْمَجْرُوْحِيْنَ وَالْمُصَابِيْنَ. وَهِيَ تُنْفِقُ عَلَى هَذِهِ الْخِدْمَاتِ مِمَّا يَجْتَمِعُ لهَاَ مِنْ تَبَرُّعَاتِ الْمُحْسِنِيْنَ.
جَمْعِيَّاتُ الْخِدْمَةِ اْلإِجْتِمَاعِيَّةُ تُؤْوِى كَثِيْرًا مِنَ الْيَتَامَى وَتُعَلِّمُهُمْ وَتُدَرِّبُهُمْ عَلَى الْعَمَلِ لِيَكْسِبُوْا وَيَعِيْشُوْا سُعَدَاءَ, كُلُّ ذَلِكَ مِمَّا يَجْتَمِعُ لهَاَ مِنْ تَبَرُّعَاتِ الْمُحْسِنِيْنَ.
فِى كَثِيْرٍ مِنَ الْبِلاَدِ جَمْعِيَّاتٌ مِثْلَ هَذِهِ الْجَمْعِيَّاتِ لِتَنْظِيْمِ أَعْمَالِ الْبِرِّّ, وَجَمْعِ الْمَالِ مِنَ الْقَادِرِيْنَ وَأَهْلِ الْخَيْرِ لِتُنْفِقَهُ فِى هَذِهِ الْمَنَافِعِ الْعَامَّةِ.
وَكُلُّ جَمْعِيَّةٍ مِثْلُ هَذِهِ الْجَمْعِيَّاتِ تَسَجَّلَ فِى وَزَارَةِ الشُّؤُوْنِ اْلاِِجْتِمَاعِيَّةِ لِتَشَرَّفَ عَلىَ أَعْمَالِهَا, وَتَقَدَّمَ لهَاَ كُلَّ مَا يُمْكِنُ مِنَ الْمَعُوْنَةِ.
(التربية الدّينية الجزء الرابع)

ORGANISASI KEBAIKAN
Di banyak negara terdiri dari asosiasi dari orang-orang baik, untuk mengatur perbuatan kebajikan. Mereka mengumpulkan harta orang-orang yang mampu untuk membangun sekolah, rumah saki, tempat penampungan, membangun jembatan dan waduk, jalan, atau fasilitas lain yang bermanfaat bagi masyarakat banyak.
Organisasi Kebaikan Islam adalah termasuk dari organisasi-organisasi kebaikan yang bermanfaat. Ia telah banyak mendirikan sekolah-sekolah dari harta para dermawan, mengajari orang-orang fakir dan mendirikan rumah sakit – rumah sakit terbesar di Kairo.
Organisasi Bantuan Islam di Iskandaria mendirikan rumah sakit – rumah sakit terbesar di Iskandaria dari harta orang-orang dermawan.
Ambulans Asosiasi memiliki markaz besar di K airo, dan banyak cabang yang tersebar di setiap negara di Jazirah Arab, dan memiliki rumah sakit, dan mobil untuk mengangkut orang sakit dan terluka dalam insiden. Dan para dokter bergegas untuk menyelamatkan pada saat-saat kesulitan. Pada setiap tahunnya mereka menyelamatkan puluhan ribu orang yang terbakar, terluka dan orang-orang yang kena musibah. Bantuan ini menggunakan dana yang terkumpul dari sumbangan para dermawan.
Layanan Sosial Masyarakat banyak menampung anak yatim dan mengajarinya serta melatih mereka bekerja untuk mencari nafkah dan hidup bahagia. Semua itu berkat sumbangan orang-orang dermawan.
Pada banyak negara terdapat Asosiasi seperti asosiasi tersebut guna mengatur pekerjaan baik dan mengumpulkan harta dari orang-orang mampu dan orang-orang baik untuk membiayai sesuatu yang manfaatnya besar ini.
Majelis dan semua asosiasi tersebut dicatat di Departemen Sosial untuk mengawasi kinerja mereka, dan memberinya bantuan semaksimal mungkin.
(Pendidikan Agama Bagian IV)

اسم الفاعل
اَلْقَادِرُوْنَ (قَادِرٌ)
اَلْمُفِيْدَةُ (مُفِيْدَةٌ)
اَلْمُحْسِنُوْنَ (مُحْسِنٌ)
اَلْفُقَرَاءُ (فَقِيْرٌ)
مُنْتَشِرَةٌ
اَلْمَرْضَى (مَرِيْضٌ)
أَطِبَّاءٌ (طَبِيْبٌ)
اَلْيَتَامَى (يَتِيْمٌ)
سُعَدَاءُ (سَعِيْدٌ)


اسم المفعول
اَلْمُصَابُوْنَ (مُصَابٌ)
اَلْمَجْرُوْحُوْنَ (مَجْرُوْحٌ)

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
4 April 2010 pukul 07.41 delete

Assalamu'alaikum,
Temen2 di STIT Al-Khairiyah gimana kabarnya?
jangan lupa isi Komentar di sini ya.....!

Reply
avatar
Neneng
AUTHOR
19 Januari 2012 pukul 05.23 delete

Nih Neneng S, Pak Bloger Baru,
http://t3.gstatic.com/images?

q=tbn:ANd9GcQCyHyd1rzIBa2x34hcN_MQ1Lv0CXPM5krVhDQkcRnpo6xMbSYwPQ

Reply
avatar
14 Juni 2012 pukul 08.03 delete

emangnya blogger yang kemarennya kemana bu......???? habis dimakan semut???? hahahaa

Reply
avatar