Headline

Recent Posts

(SUSANTO SANTAWI) NIM : 20082299 SEMESTER VII (EKSEKUTIF) SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) AL-KHAIRIYAH CILEGON

Senin, 05 April 2010

SUSANTO SANTAWI

Adverb and Auxiliary Verb


SHORT PAPER OF ENGLISH LESSON
Adverb and Auxiliary Verb
Teacher : Mutiara Sofa, S.Pd.I

Written by:
Susanto

SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH ( S T I T )
AL-KHAIRIYAH CITANGKIL-CILEGON
2009


PREFACE

All thanks to Almighty Allah, the Most Merciful and Beneficent. Due to his mercy and blessings this short paper could be finished on time. And thanks to our prophet Muhammad SAW who has brougts us from darkness to the lightness and to all his families, friends and all his ummah till the day after. And we don’t forget to tell thanks very much to our English Teacher, Mrs. Mutiara Sofa, S.Pd.I who has gaves us many knowledges, instructions and educations.
English is, nowadays, international language. Almost of the people in this world understand about english language. If we abroad to another contry, like England, USA, Singapore, etc. we have to understand about english and we must can speak english well.
By the way, we have writen about Sentence (Independent Clause, Dependent Clause, Simple Sentence, Compound Sentence, Complex Sentence and Compound Complex Sentence) in this our short paper that to complite of English lesson.
Finally, these are the points to be pressented in this short paper. I believe that all perfection are due to Allah, the Lord of the Universe.

UNIT I
SENTENCE

(A) Definition
1. Sentence (Kalimat)
Sentence (kalimat) adalah kata yang dimulai dengan suatu huruf capital dan di akhiri titik atau rangkaian kata yang mengandung arti penuh dan mengandung unsur subjek dan predikat.
Subjek = adalah unsur inti atau pokok kalimat.
Predikat = adalah unsur yang menerangkan atau menggambarkan perilaku subjek tersebut.

2. Clause
Clause is group of word containing a subject and verb. (kumpulan beberapa kata yang terdiri dari subjek dan kata kerja).
Perbedaan mendasar antara kalimat dan clause adalah bahwa kalimat sudah diakhiri dengan titik, sedangkan clause baru merupakan suatu bagian dari kalimat secara keseluruhan.


(B) Kind of Clause
Clause is devided into 2 kinds :
1. Independent Clause : is a complete sentence. It contains the main subject and verb of sentence.
Independent Clause adalah kalimat yang sudah mempunyai pengertian yang sempurna (jelas) yang dapat berdiri sendiri, yang di dalam kalimatnya terdiri dari subjek dan kata kerja dan tidak bergantung kepada clause yang lain.
Example :
1. I met a man. (Saya ketemu dengan seseorang)
2. Linawati stays in Cilegon city. (Linawati tinggal di kota Cilegon)
3. Niswati speaks English well. (Niswati berbicara bahasa Inggris dengan lancar)
2. Dependent Clause : is not complete sentence and cannot stand alone. But, it must be connected to an independent clause.
Dependent Clause adalah kalimat yang belum mempunyai pengertian sempurna dan tidak bisa berdiri sendiri akan tetapi harus disambungkan dengan idependent clause.
Example :
1. Who is kind to every body. (yang mana dia baik kepada setiap orang)
2. Who is beautiful lady. (yang mana dia adalah wanita yang cantik)
3. Who is diligent pupil. (yang mana dia adalah murid yang rajin)

(C) Simple, Compound, Complex and Compound Complex Sentence
1. Simple Sentence
Simple Sentence also called an independent clause, contains a subject and a verb. Simple sentence adalah suatu kalimat yang mana bisa disebut juga dengan Independent Clause karena terdiri dari subjek dan kata kerja.
Example :
a. Linawati stays in Cilegon city. (Linawati tinggal di kota Cilegon)
b. She writes Arabic book. (Dia menulis buku bahasa Arab)
c. The book is published in Egypt. (Bukunya diterbitkan di Mesir)

2. Compound Sentence
Compound Sentence is contains two independent clauses joined by a cordinator. The coordinators are as (but, and, or). Seldom by joined punctuation (comma <,>, semi-colon <;>).
Compound Sentence adalah kalimat yang mempunyai dua independent clause (main clause – induk kalimat) atau lebih yang dihubungkan oleh Coordinative Conjunction (but, and, or), atau kadang-kadang oleh punctuation (koma <,> atau titik koma <;>).
Example :
1. She writes Arabic book and The book is published in Egypt. (Dia menulis buku bahasa Arab dan Bukunya diterbitkan di Mesir).
2. I tried to speak Spanish, and my friend tried to speak English. (Saya capek untuk berbicara bahasa Spanyol, dan teman saya capek untuk berbicara bahasa Inggris).

3. Complex Sentence
Complex Sentence is sentence has an independent clause joined by one or more dependent clauses. A complex sentence always has a subordinator such as because, since, after, although, or when or a relative pronoun such as that, who, or which.
Complex Sentence adalah kalimat yang mempunyai satu independent clause dan satu dipendent clause atau lebih. Complex sentence juga biasanya diikuti dengan subordinator (kata sambung) seperti : because (karena), since (sejak), after (setelah), although (walaupun), atau when (ketika). Atau yang bisa dipakai ketika dalam percakapan seperti : that (itu), who (siapa), atau which (yang mana).
Example :
1. I met a man who is kind to every body. (Saya ketemu dengan seseorang yang mana dia baik kepada setiap orang)
2. Linawati stays in Cilegon city who is beautiful lady. (Linawati tinggal di kota Cilegon yang mana dia adalah wanita yang cantik)
3. Niswati speaks English well who is diligent pupil. (Niswati berbicara bahasa Inggris dengan lancar yang mana dia adalah murid yang rajin).
4. Sugi and Reka went to Dukumalang after they finished studying. (Sugi dan Reka pulang ke Dukumalang setelah mereka selesai belajar).

4. Compound Complex Sentence
Compound Complex Sentence adalah kalimat yang mempunyai dua independent clause (main clause – induk kalimat) atau lebih yang dihubungkan oleh Coordinative Conjunction (but, and, or), atau kadang-kadang oleh punctuation (koma atau titik koma) yang mempunyai satu dependent clause atau lebih dalam elemen independent clause.
Example :
1. There are so many people who agree that mastering English is a must in coping with our modern era but only a few know how, where, and when they can study English easily and correctly.
(Ada begitu banyak orang yang setuju bahwa menguasai Bahasa Inggris merupakan suatu keharusan dalam menghadapi era modern tetapi hanya sedikit yang tahu bagaimana, dimana, dan kapan mereka dapat belajar Bahasa Inggris dengan mudah dan benar).


UNIT II
SUMMARY

 Sentence (kalimat) adalah kata yang dimulai dengan suatu huruf capital dan di akhiri titik atau rangkaian kata yang mengandung arti penuh dan mengandung unsur subjek dan predikat.
 Clause kumpulan beberapa kata yang terdiri dari subjek dan kata kerja.
 Independent Clause adalah kalimat yang sudah mempunyai pengertian yang sempurna (jelas) yang dapat berdiri sendiri, yang di dalam kalimatnya terdiri dari subjek dan kata kerja dan tidak bergantung kepada clause yang lain.
 Dependent Clause adalah kalimat yang belum mempunyai pengertian sempurna dan tidak bisa berdiri sendiri akan tetapi harus disambungkan dengan idependent clause.
 Simple sentence adalah suatu kalimat yang mana bisa disebut juga dengan Independent Clause karena terdiri dari subjek dan kata kerja.
 Compound Sentence adalah kalimat yang mempunyai dua independent clause (main clause – induk kalimat) atau lebih yang dihubungkan oleh Coordinative Conjunction (but, and, or), atau kadang-kadang oleh punctuation (koma <,> atau titik koma <;>).
 Complex Sentence adalah kalimat yang mempunyai satu independent clause dan satu dipendent clause atau lebih. Complex sentence juga biasanya diikuti dengan subordinator (kata sambung) seperti : because (karena), since (sejak), after (setelah), although (walaupun), atau when (ketika). Atau yang bisa dipakai ketika dalam percakapan seperti : that (itu), who (siapa), atau which (yang mana).
 Compound Complex Sentence adalah kalimat yang mempunyai dua independent clause (main clause – induk kalimat) atau lebih yang dihubungkan oleh Coordinative Conjunction (but, and, or), atau kadang-kadang oleh punctuation (koma atau titik koma) yang mempunyai satu dependent clause atau lebih dalam elemen independent clause.
References

1. Azar, Betty S., Fundamentals of English Grammar, Prentice Hall, New Jersey, 1992.
2. Mas’ud, Fuad, Essentials of English Grammar A Practical Guide, BPFE-Yogyakarta, Yogyakarta, 1998.
3. Departement of Research and Development of Syilabus KMI Gontor, English Grammar, Darussalam Press, Ponorogo, 1422 H.
4. Echols, Jhon M., Kamus Inggris Indonesia, Gramedia, Jakarta, 1996.
5. Echols, Jhon M., Kamus Indonesia Inggris, Gramedia, Jakarta, 1996.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »