Headline

Recent Posts

(SUSANTO SANTAWI) NIM : 20082299 SEMESTER VII (EKSEKUTIF) SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) AL-KHAIRIYAH CILEGON

Kamis, 30 September 2010

SUSANTO SANTAWI

Silabus kapita selekta pendidikan islam

Nama : Sugianto
Tugas study : kapita selekta pendidikan islam
Npm :21612008
Dosen : M. Mu’is MM.Pd
SILABUS

Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X/1
Tahun Ajaran : 2009-2010
a
Standar Kompetensi:
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Waktu Sumber Belajar
 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi  Ungkapan merespons perkenalan
 Ungkapan merespons bertemu/berpisah
 Ungkapan merespons menyetujui ajakan/tawaran/ undangan
 Ungkapan merespons menerima janji, dan membatalkan janji
 Ungkapan merespons mengungkapkan perasaan bahagia
 Ungkapan merespons menunjukkan perhatian
 Ungkapan merespons menunjukkan simpati
 Ungkapan merespons instruksi
 Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema, topik, ungkapan yang akan dibahas.
 Tanya jawab menggunakan ungkapan terkait materi.
 Mendengarkan percakapan yang menggunakan ungkapan terkait materi.
 Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
 Menentukan makna dan fungsi ungkapan dalam percakapan.
 Merespons ungkapan berkenalan
 Merespons ungkapan bertemu/berpisah
 Merespons ungkapan menyetujui ajakan/tawaran/ undangan
 Merespons ungkapan menerima janji, dan membatalkan janji
 Merespons ungkapan mengungkapkan perasaan bahagia
 Merespons ungkapan menunjukkan perhatian
 Merespons ungkapan menunjukkan simpati
 Merespons ungkapan memberi instruksi
Jenis:
 Kuis
 Tugas Individu
 Tugas Kelom-pok
 Ulangan

Bentuk Instrumen:
 Tes Ter-tulis PG
 Tes Ter-tulis Uraian 12 x 45’













Sumber:
- Buku
Paket
- Buku referens i lain
- LKS Tuntas



Standar Kompetensi:
2. Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Waktu Sumber Belajar
 Merespon makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
 Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: recount, narrative, dan procedure
 Ungkapan merespons teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan, dll)
 Ungkapan merespons teks monolog dalam bentuk recount, narrative dan procedur
 Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema, topik, ungkapan yang akan dibahas.
 Tanya jawab menggunakan ungkapan terkait materi.
 Mendengarkan percakapan yang menggunakan ungkapan terkait materi.
 Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
 Menentukan makna dan fungsi ungkapan dalam percakapan.
 Merespons teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan, dll)
 Merespons teks monolog dalam bentuk recount, narrative dan prosedur
Jenis:
 Kuis
 Tugas Individu
 Tugas Kelompok
 Ulangan

Bentuk Instrumen:
 Tes Tertulis PG
 Tes Tertulis Uraian 12 x 45’

















Sumber:
- Buku
Paket
- Buku referen si lain
- LKS Tuntas





Standar Kompetensi:
3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Waktu Sumber Belajar
 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
 Ungkapan berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji

 Ungkapan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
 Review ungkapan-ungkapan terkait materi.
 Menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi untuk bertanya jawab.
 Menggunakan gambit-gambit terkait materi berdasarkan konteks.
 Bermain peran melakukan percakapan.
 Ungkapan berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
 Merespons ungkapan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
Jenis:
 Kuis
 Tugas Individu
 Tugas Kelompok
 Ulangan

Bentuk Instrumen:
 Tes Tertulis PG
 Tes Tertulis Uraian 12 x 45’

















Sumber:
- Buku
Paket
- Buku referen si lain
- LKS Tuntas



Standar Kompetensi:
4. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk recount, narrative dan procedure sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Waktu Sumber Belajar
 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
 Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedur
 Macam-macam teks fungsional pendek (misal pengumuman, iklan, undangan, dll)

 Teks monolog dalam bentuk recount, narrative dan prosedur
 Tanya jawab terkait dengan teks fungsional pendek
 Membahas kosakata dan tata bahasa yang dipakai dalam percakapan yang santun
 Menirukan percakapan yang santun
 Menirukan gambit-gambit yang terkait dengan materi:
 Menggunakan ungkapan-ungkapan yang terkait dengan teks transaksional dan genre
 Mengungkapkan teks fungsional pendek (misal pengumuman, iklan, undangan, dll)
 Mengungkapkan teks monolog dalam bentuk recount, narrative dan prosedur
Jenis:
 Kuis
 Tugas Individu
 Tugas Kelompok
 Ulangan

Bentuk Instrumen:
 Tes Tertulis PG
 Tes Tertulis Uraian 12 x 45’


















Sumber:
- Buku
Paket
- Buku referen si lain
- LKS Tuntas




Standar Kompetensi:
5. Memahami makna teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Waktu Sumber Belajar
 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
 Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
 Teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi
 Teks tulis esei dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
 Tanya jawab tentang berbagai hal terkait materi.
 Membaca teks fungsional pendek.
 Menjawab pertanyaan isi teks.
 Menjawab pertanyaan terkait :
- jenis teks.
- tujuan komunikatif
- ciri kebahasaan
- langkah retorika  Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi
 Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
Jenis:
 Kuis
 Tugas Individu
 Tugas Kelompok
 Ulangan

Bentuk Instrumen:
 Tes Tertulis PG
 Tes Tertulis Uraian 12 x 45’
Sumber:
- Buku
Paket
- Buku referen si lain
- LKS Tuntas














Standar Kompetensi:
6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Waktu Sumber Belajar
 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
 Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure

 Menjelaskan makna teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.)
 Menjelaskan makna dan langkah-langkah retorika dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
 Tanya jawab tentang berbagai hal terkait materi.
 Membaca teks fungsional pendek.
 Menjawab pertanyaan isi teks.
 Menjawab pertanyaan terkait :
- jenis teks.
- tujuan komunikatif
- ciri kebahasaan
- langkah retorika  Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, klan, undangan dll.)
 Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
Jenis:
 Kuis
 Tugas Individu
 Tugas Kelompok
 Ulangan

Bentuk Instrumen:
 Tes Tertulis PG
 Tes Tertulis Uraian 12 x 45’

















Sumber:
- Buku
Paket
- Buku referen si lain
- LKS Tuntas



Cilegon, 13 Juli 2009
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran




Hj. Ade Siti Robi`ah, S.Pd Darmini, SE
NIP.196510262007012006 NIP.196312102007012006

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »