Nama : Sugianto
Tugas study : kapita selekta pendidikan islam
Npm :21612008
Dosen : M. Mu’is MM.Pd
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X/1
Tahun Ajaran : 2009-2010
a
Standar Kompetensi:
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Waktu Sumber Belajar
Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi Ungkapan merespons perkenalan
Ungkapan merespons bertemu/berpisah
Ungkapan merespons menyetujui ajakan/tawaran/ undangan
Ungkapan merespons menerima janji, dan membatalkan janji
Ungkapan merespons mengungkapkan perasaan bahagia
Ungkapan merespons menunjukkan perhatian
Ungkapan merespons menunjukkan simpati
Ungkapan merespons instruksi
Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema, topik, ungkapan yang akan dibahas.
Tanya jawab menggunakan ungkapan terkait materi.
Mendengarkan percakapan yang menggunakan ungkapan terkait materi.
Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
Menentukan makna dan fungsi ungkapan dalam percakapan.
Merespons ungkapan berkenalan
Merespons ungkapan bertemu/berpisah
Merespons ungkapan menyetujui ajakan/tawaran/ undangan
Merespons ungkapan menerima janji, dan membatalkan janji
Merespons ungkapan mengungkapkan perasaan bahagia
Merespons ungkapan menunjukkan perhatian
Merespons ungkapan menunjukkan simpati
Merespons ungkapan memberi instruksi
Jenis:
Kuis
Tugas Individu
Tugas Kelom-pok
Ulangan
Bentuk Instrumen:
Tes Ter-tulis PG
Tes Ter-tulis Uraian 12 x 45’
Sumber:
- Buku
Paket
- Buku referens i lain
- LKS Tuntas
Standar Kompetensi:
2. Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Waktu Sumber Belajar
Merespon makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: recount, narrative, dan procedure
Ungkapan merespons teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan, dll)
Ungkapan merespons teks monolog dalam bentuk recount, narrative dan procedur
Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema, topik, ungkapan yang akan dibahas.
Tanya jawab menggunakan ungkapan terkait materi.
Mendengarkan percakapan yang menggunakan ungkapan terkait materi.
Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
Menentukan makna dan fungsi ungkapan dalam percakapan.
Merespons teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan, dll)
Merespons teks monolog dalam bentuk recount, narrative dan prosedur
Jenis:
Kuis
Tugas Individu
Tugas Kelompok
Ulangan
Bentuk Instrumen:
Tes Tertulis PG
Tes Tertulis Uraian 12 x 45’
Sumber:
- Buku
Paket
- Buku referen si lain
- LKS Tuntas
Standar Kompetensi:
3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Waktu Sumber Belajar
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
Ungkapan berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
Ungkapan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
Review ungkapan-ungkapan terkait materi.
Menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi untuk bertanya jawab.
Menggunakan gambit-gambit terkait materi berdasarkan konteks.
Bermain peran melakukan percakapan.
Ungkapan berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
Merespons ungkapan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
Jenis:
Kuis
Tugas Individu
Tugas Kelompok
Ulangan
Bentuk Instrumen:
Tes Tertulis PG
Tes Tertulis Uraian 12 x 45’
Sumber:
- Buku
Paket
- Buku referen si lain
- LKS Tuntas
Standar Kompetensi:
4. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk recount, narrative dan procedure sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Waktu Sumber Belajar
Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedur
Macam-macam teks fungsional pendek (misal pengumuman, iklan, undangan, dll)
Teks monolog dalam bentuk recount, narrative dan prosedur
Tanya jawab terkait dengan teks fungsional pendek
Membahas kosakata dan tata bahasa yang dipakai dalam percakapan yang santun
Menirukan percakapan yang santun
Menirukan gambit-gambit yang terkait dengan materi:
Menggunakan ungkapan-ungkapan yang terkait dengan teks transaksional dan genre
Mengungkapkan teks fungsional pendek (misal pengumuman, iklan, undangan, dll)
Mengungkapkan teks monolog dalam bentuk recount, narrative dan prosedur
Jenis:
Kuis
Tugas Individu
Tugas Kelompok
Ulangan
Bentuk Instrumen:
Tes Tertulis PG
Tes Tertulis Uraian 12 x 45’
Sumber:
- Buku
Paket
- Buku referen si lain
- LKS Tuntas
Standar Kompetensi:
5. Memahami makna teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Waktu Sumber Belajar
Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
Teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi
Teks tulis esei dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
Tanya jawab tentang berbagai hal terkait materi.
Membaca teks fungsional pendek.
Menjawab pertanyaan isi teks.
Menjawab pertanyaan terkait :
- jenis teks.
- tujuan komunikatif
- ciri kebahasaan
- langkah retorika Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi
Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
Jenis:
Kuis
Tugas Individu
Tugas Kelompok
Ulangan
Bentuk Instrumen:
Tes Tertulis PG
Tes Tertulis Uraian 12 x 45’
Sumber:
- Buku
Paket
- Buku referen si lain
- LKS Tuntas
Standar Kompetensi:
6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Waktu Sumber Belajar
Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
Menjelaskan makna teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.)
Menjelaskan makna dan langkah-langkah retorika dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
Tanya jawab tentang berbagai hal terkait materi.
Membaca teks fungsional pendek.
Menjawab pertanyaan isi teks.
Menjawab pertanyaan terkait :
- jenis teks.
- tujuan komunikatif
- ciri kebahasaan
- langkah retorika Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, klan, undangan dll.)
Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
Jenis:
Kuis
Tugas Individu
Tugas Kelompok
Ulangan
Bentuk Instrumen:
Tes Tertulis PG
Tes Tertulis Uraian 12 x 45’
Sumber:
- Buku
Paket
- Buku referen si lain
- LKS Tuntas
Cilegon, 13 Juli 2009
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Hj. Ade Siti Robi`ah, S.Pd Darmini, SE
NIP.196510262007012006 NIP.196312102007012006
Kamis, 30 September 2010
Silabus kapita selekta pendidikan islam
Next
« Prev Post
« Prev Post
Previous
Next Post »
Next Post »